Manajemen Pemeliharaan Ayam Broiler : Resume (Ringkasan)

Posted by Unknown On Senin, 13 Januari 2014 0 komentar
Sebelum DOC datang harus dipersiapkan biosekuritas dan perkandangan yang baik. Untuk mencegah menyebarnya penyakit dibuat sistem single age atau all in all out dalam kandang.
Litter sebaiknya cukup tebal khususnya di awal pemeliharaan mengingat ayam belum dapat mempertahankan suhu tubuhnya. Tebal litter sebaiknya antara 3 – 10 cm (1 – 4 inchi). Suhu normal ayam broiler adalah 41°C (106°F). ketika suhu lingkungan mencapai 35°C (95°F) broiler akan mengalami heat stress. Oleh karena itu rekomendasi suhu untuk broiler adalah 30ºC saat DOC, selanjutnya umur 27 hari sampai panen suhunya 20ºC. Ayam tidak bisa mempertahankan suhu tubuh sampai berumur 5 hari dan termoregulasi belum berkembang sempurna sampai umur 14 hari. Kurang lebih 1 – 3 jam sebelum DOC datang brooder dihidupkan terlebih dahulu agar ketika DOC datang brooder sudah hangat. Untuk menjaga suhu tubuh DOC dipasang chickguard. Perilaku DOC dapat digunakan untuk mengetahui apakh suhu brooder terlalu panas atau dingin. Jika ayam masih bergerombol berarti suhu masih terlalu dingin. Sebaliknya, jika ayam menjauh dari brooder, berarti suhu terlalu panas.
Penyebaran anak ayam dalam brooder
Chickguard dengan diameter 3 m dapat digunakan untuk 800 – 1000 ekor ayam. Bahan yang digunakan untuk membuat chickguard sebaiknya adalah bahan yang dapat menjaga panas seperti seng. Tempat pakan dan minum disusun sebelum DOC datang agar ketika datang pakan dan minum sudah tersedia. Ketika DOC datang, masukkan DOC ke dalam chickguard kemudian ditinggl kurang lebih 1 – 2 jam dengan akses ke pakan dan minum.
Ventilasi sangat penting untuk menjaga suplai udara bersih untuk broiler. Udara yang bersih sangat dibutuhkan di semua stadium pertumbuhan ayam. Ada 2 tipe sistem ventilasi yaitu natural dan power. Natural (Open-sided Housing) dapat dilakukan dengan membuka atau menutup penutup pada dindig kandang sehingga udara dapat masuk dan melewati kandang. Power (Controlled Environment Housing) atau negative pressure ventilation adalah sistem yang menggunakan electric exhaust fans untuk mengeluarkan udara dari dalam kandang dan membuat tekanan dalam kandang lebih rendah daripada di luar sehingga udara dari luar dapat masuk ke dalam kandang. Ventilasi yang tidak memadai menjadikan udara berkualitas rendah, kadar NH3, CO2, dan kelembaban tinggi yang dpat menyebabkan beberapa sindrom seperti ascites. Akibat buruk NH3 seperti iritsi mata, penurunan berat badan, rentan infeksi, da kebutaan.
Tabel Kandungan Normal Beberapa Unsur dalam Udara
UNSUR
STANDAR
O2CO2
CO
NH(AMONIAK)
H2S
>16 %
< 0,3%
< 40 ppm
< 20 ppm
< 5 ppm
Tabel Kadar Toeransi Beberapa Unsur dalam Udara
kadar toleransi unsur di udara
Lighting atau pencahayaan yang direkomendasikan adalah 25 lux pada awal pemeliharaan. Variasi intensitas pencahayaan sebaiknya tidak lebih dari 20%. Setelah berumur 7 hari atau saat berat badan ayam sekitar 160 gram, intensitas cahaya dikurangi secara bertahap 5 – 10 lux. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pencahayaan adalah warna, intensitas, lama pencahayaan, dan distribusi pencahayaan. Sampai umur 7 hri, ayam harus mendapatkan cahaya selama 23 jam (30 – 40 lux) dan 1 jam gelap. Setelah 7 hari, periode gelap selama 4 jam atau lebih, tetapi jangan sampai lebih dari 6 jam).
Kapasitas kandang ayam pedaging sesuai dengan tingkat umur ayam pedaging yaitu 40 – 50 ekor/m2 untuk ayam umur 1 hari sampai 1 minggu, 20 – 25 ekor/m2 untuk ayam sampai umur 2 minggu, dan 8 – 12 ekor/m2 untuk ayam umur di atas 2 minggu.
Air bersih harus selalu tersedia. Termperatur air juga harus sesuai. Suhu ideal air untuk konsumsi antara 10-14 °C (50-57 °F). Air dengan pH di bawah 6 dapat mengganggu pencernaan, membuat peralatan berkarat, dan tidak cocok dengan obat dan vaksin. Kadar sulfat yang tinggi menyebabkan drop. Efek diperburuk dengan level sodium atau magnesium di atas 50 mg/L. terlalu banyak kandungan tembaga membuat rasa pahit dan menyebabkan gangguan pada hati.
Tabel Kadar Maksimal Mineral dan Bakteri dalam Air Minum
kadar maksimal mineral dan bakteri dalam air minum
Sistem pencernaan ayam muda belum sempurna. Oleh karena itu, ayam membutuhkan pakan yang mudah dicerna. Pakan prestarter memiliki beberapa persyaratan seperti mudah dicerna, nutrisi tinggi khususnya asam amino, vitamin E, dan seng. Selain itu, juga ditambahkan imunostimulan, probiotik, tau prebiotik.
Hal yang tidak kalah penting dalam pemeliharaan ayam broiler adalah program vaksinasi. Vaksin yang utama dalam peternakan ayam broiler adalah vaksin Newcastle Disease (ND). Beberapa vaksin lain yang sering digunakan dalam peternakan ayam broiler adalah IBD, IB, dan AI. Penggunaan obat juga harus diperhatikan khususnya waktu paruh dan residu obat. Hal itu penting karena ayam broiler adalah ayam konsumsi. Jika penggunaan obat tidak terencana dengan baik, residu obat bisa terkonsumsi oleh konsumen.
Contoh beberapa program vaksinasi pada ayam broiler
Contoh program vaksinasi pada ayam broiler:
UMUR(HARI)
VAKSINASI
APLIKASI
Alt 1Alt 2Alt 3Alt 4
3–5ND LasotaND LasotaND LasotaND LasotaTetes
ND Lasota + IBND Lasota + IBND Lasota + IBND Lasota + IBTetes
ND ViscerotropicND ViscerotropicND ViscerotropicND ViscerotropicSpray
--ND KilledND KilledSuntik
7-IBD Intermediate-IBD IntermediateMinum
12–14IBD IntermediateIBD IntermediateIBD IntermediateIBD IntermediateMinum
18–21ND LasotaND LasotaND LasotaND LasotaMinum


UMURVAKSINTIPE VACAPLICATION
1 hariND-IBLiveEye Drop (tetes mata)
7 hariNDKilledSC (suntik subkutan)
12 hariIBD VaccineLiveDW (air minum)
19 hariNDLiveD.W (air minum)

Dalam dunia perunggasan, ada tiga prinsip biosekuriti yaitu isolasi, kontrol lalu lintas, dan sanitasi (McCrea and Bradley, 2008).  Ada yang menambah satu prinsip lagi yaitu kontrol hama. Sebisa mungkin konstruksi peternakan dibuat agar ayam tidak mudah kontak dengan lingkungan luar misalnya dengan pembuatan pagar atau dinding yang membatasi peternakan dengan lingkungan luar. Kontrol lalu lintas meliputi pembatasan terhadap person maupun kendaraan yang masuk ke peternakan. Hanya yang bersih dan sudah didesinfeksi yang diperbolehkan masuk ke peternakan atau kandang. Transportasi kendaraan bisa dibuat jalur kotor dan jalur bersih untuk mengurangi kemungkinan masuknya penyakit ke peternakan. Pencegahan terhadap masuknya hewan lain baik itu hewan liar maupun domestik juga harus dilakukan karena bisa jadi hewan tersebut membawa penyakit. Beberapa hal perlu diperhatikan terkait sanitasi seperti udara, air, pakan, peralatan, lingkungan, termasuk pekerja kandang.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar