PREBIOTIK (3): MEMAKSIMALKAN KINERJA BAKTERI BAIK DALAM SALURAN PENCERNAAN

Posted by Unknown On Sabtu, 11 Januari 2014 0 komentar
Tahukah Anda bahwa di dalam saluran pencernaan unggas terdapat banyak sekali jenis mikroorganisme yang hidup? Mulai dari bakteri baik, oportunis (dapat menjadi baik maupun merugikan), sampai bakteri yang merugikan. Tahukah Anda bahwa populasi bakteri dalam saluran pencernaan adalah bakteri oportunis (bakteri yang mempunyai potensi menjadi menguntungkan maupun merugikan)? Lalu, apa yang harus dilakukan?
Sebelumnya, akan kami jelaskan tentang konsep keseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaan: Jika bakteri baik terdapat dalam jumlah yang cukup, bakteri jahat akan ditekan pertumbuhannya dan bakteri oportunis akan menjadi bakteri baik karena selama pertumbuhannya bakteri baik akan mengeluarkan at-zat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri merugikan misalnya laktat, hidrogen peroksida, saponin, dan sebagainya. Sebaliknya, jika mikroorganisme baik jumlahnya turun, jumlah bakteri jahat akan bertambah dan bakteri oportunis akan berubah menjadi bakteri merugikan.
Mengingat bakteri opportunis merupakan kelompok dominan yang bisa berubah menjadi baik maupun merugikan, tugas peternak adalah memastikan bakteri oportunis tetap menjadi baik dengan cara menjaga kehidupan bakteri baik.
Populasi bakteri baik dapat dipertahankan atau ditingkatkan dengan memberikan substrat selektif untuk pertumbuhan mikroba (prebiotik) atau secara berkala memberikan tambahan kultur mikroba hidup yang terbukti menguntungkan bagi ternak (probiotik).
Pemberian prebiotik dari golongan oligosakarida (misalnya mannan oligosaccharide/MOS) dapat meningkatkan produksi asam laktat sehingga dapat meningkatkan proliferasi (pertumbuhan) bakteri yang menguntungkan dan meningkatkan sistem imun. Mannan oligosaccharide (MOS) difermentasi oleh mikroflora yang menguntungkan di usus besar dan merupakan sumber energi bagi mikroflora seperti Lactobacillus danBifidobacterium. Prebiotik (prebiotic) merupakan suplemen yang bagus digunakan untuk semua jenis ternak unggas sehingga dapat digunakan sebagai suplemen broiler, suplemen layer/petelur, suplemen ayam kampung, suplemen itik/bebek, suplemen puyuh, dan splemen untuk ternak unggas yang lain.
Asam lemak rantai pendek, khususnya butirat dapat meningkatkan jumlah Bifidobacterium dan Lactobacillus. Bakteri ini dapat menghasilkan asam laktat, asam asetat, hidrogen peroksida, dan beberapa substansi antimikroba sehingga dapat membantu untuk mencegah terjadinya kolonisasi bakteri pathogen (merugikan) seperti E. coli, SalmonellaCampylobacter, dan Clostridium perfringens.
Mengingat pentingnya menjaga dan mempertahankan kehidupan bakteri baik dalam saluran pencernaan, kami memformulasikan produk prebiotik (prebiotic) dalam produk kami untuk peternakan unggas Anda yaitu Royal Poultry dan Immuno Forte. Suplemen unggas ini sangat bagus digunakan pada semua jenis unggas seperti broiler, layer/petelur, ayam kampung, itik/bebek, puyuh, dan jenis-jenis ternak unggas yang lain.
  
Royal Poultry                            Immuno Forte
Untuk lebih mengetahui detail produk kami silakan klik link berikut: ROYAL POULTRYIMMUNO FORTE
Untuk pemesanan produk silakan klik link berikut: Cara pembelian produk


0 komentar:

Posting Komentar