Prospek Cerah Beternak Ayam Pedaging Organik

Posted by Unknown On Senin, 13 Januari 2014 0 komentar
Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat membuat usaha makanan organik menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Tidak hanya tanaman yang telah dilakukan dengan metode organik, tetapi juga ternak, khususnya ayam. Ayam organik kini menjadi peluang bisnis yang semakin luas pasarnya seiring dengan permintaan pasar yang meningkat karena kesadaran masyarakat mengkonsumsi daging ayam organik yang lebih sehat. Meski pasar untuk daging ayam organik ini masih banyak pada level konsumen kelas menengah ke atas , namun jumlahnya semakin meningkat. Dan, bukannya tidak mungkin akan merambah ke level konsumen di bawahnya. Selain itu, harga daging ayam organik yang lebih tinggi (khususnya di swalayan dan pusat perbelanjaan) dibandingkan dengan daging ayam biasa menambah menarik bisnis ayam organik ini..
Apa Sebenarnya Ayam Organik?
Ayam organik sebenarnya tidak berbeda dengan ayam lainnya, sama-sama ayam. Lalu, apa yang membedakannya dengan ayam biasa? Yang berbeda adalah cara pemeliharaannya yang akhirnya akan mempengaruhi kandungan zat-zat dalam daging ayam. Sejak awal pemeliharaan sudah dilakukan perlakuan dengan cara-cara organik misalnya sejak menetas ayam diberikan pakan organik dan untuk pemeliharaan kesehatan serta pencegahan penyakit tidak menggunakan (atau sangat sedikit menggunakan) bahan-bahan kimia, hormon, atau antibiotik. Seluruh proses produksi mulai dari pemeliharaan ayam hingga pengolahan ayam bebas dari bahan-bahan tersebut. Dari proses seperti itu, diharapkan daging ayam yang dihasilkan benar-benar terbebas dari zat-zat yang berbahaya bagi tubuh konsumen khususnya residu antibiotik dan hormon.
Adapun jenis ayamnya, daging ayam organik ini biasanya berasal dari ayam broiler maupun ayam kampung (ayam kampung biasa maupun ayam kampung/jawa super)

Keunggulan Usaha Ayam Organik
Dilihat dari kacamata bisnis, bisnis ayam organik memiliki peluang yang besar. Peluang pasar yang besar akan terus berkembang seiring meningkatnya kesadaran pola hidup sehat masyarakat.
Selain itu, tidak semata-mata bisnis saja, bisnis ayam organik juga membantu pelaksanaan pola hidup sehat masyarakat dengan mengkonsumsi daging ayam organik. Sehingga tak jarang restoran atau warung makan yang menyediakan daging ayam organik banyak diburu oleh pecinta kuliner sehat. Dengan seperti itu, bukan tidak mungkin permintaan daging ayam organik akan mampu menggeser dominasi daging ayam biasa.
Peningkatan permintaan daging ayam organik memang belum terlihat secara signifikan. Tetapi, tanda-tanda meningkatnya permintaan daging ayam organik dapat dilihat dari mulai maraknya restoran atau warung makan yang menyediakan menu daging ayam organik atau bahkan ada yang mengkhususkan menjual menu yang berasal dari daging ayam organik. Selain restoran dan warung makan, sudah banyak swalayan atau pusat-pusat perbelanjaan yang menyediakan daging ayam organik.
Dari segi harga, harga daging ayam organik relatif lebih lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam biasa.
Kendala
Kesadaran masyarakat dan peternak ayam menyebabkan pamor daging ayam organik ini kurang memasyarakat. Tetapi, hal itu akan segera teratasi seiring dengan meningkatnya pengetahuan yang akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan hidup yang lebih sehat. Tentunya dibutuhkan berbagai cara mensosialisasikan keuntungan dari ayam organik ini.
Masih terbatasnya akses untuk mendapatkan daging ayam organik menyebabkan daging ayam organik belum dapat didistribusikan dan dinikmati oleh semua kalangan. Seperti dapat kita lihat, daging ayam organik masih dijual di tempat-tempat khusus seperti swalayan atau pusat-pusat perbelanjaan maupun di restoran dan warung makan khusus.
Mengingat dari segi kandungan gizi antara daging ayam organik dengan daging ayam biasa tidak berbeda jauh, banyak yang masih memilih daging ayam biasa dengan alasan harga yang lebih murah. Mengingat daging ayam organik masih merupakan produk premium, dari segi harga memang masih di atas daging ayam biasa.
Nah, dari beberapa penjelasan di atas, apakah Anda akan tetap melakukan cara lama??? Segera manfaatkan peluang bisnis ayam organik sebagai wajah baru usaha peternakan ayam yang Anda geluti.
Untuk mendukung Anda mewujudkan impian memiliki peternakan ayam organik, perkenankan kami berada di samping Anda sebagai mitra untuk mewujudkan mimpi Anda. Kami menawarkan suplemen premium untuk mendukung pencapaian performa terbaik ayam pedaging (ayam broiler, kampung, kampung super) Anda.
Untuk itu, kami memformulasikan produk untuk unggas termasuk ayam pedaging (broiler, ayam kampung, ayam kampung super). Produk ini merupakan suplemen yang mengandung nutrisi kompleks seperti vitamin, mineral, trace mineral, enzim, asam organik (organic acids), antioksidan, prebiotik mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan komposisi lain yang diformulasikan dalam komposisi yang seimbang sesuai standar yang berlaku. Produk kami merupakan produk pertama di Indonesia yang menggunakan “Nutrition Delivery System” yang akan meningkatkan penyerapan nutrisi tersebut sampai 80%. Produk kami tersebut adalahROYAL POULTRY. Untuk detail produk ROYAL POULTRY klik di sini.
Royal Poultry
Selain ROYAL POULTRY, kami juga memproduksi suplemen komplementer yaituIMMUNO FORTEIMMUNO-FORTE merupakan produk komplementer (pendukung) ROYAL POULTRY. IMMUNO-FORTE mengandung konsentrat mannan oligosaccharide (MOS) dan beta glucans dalam konsentrasi tinggi. IMMUNO-FORTE cocok digunakan untuk peternakan dengan riwayat kasus cukup tinggi. IMMUNO-FORTE juga dapat digunakan pada peternakan dengan riwayat penyakit yang rendah atau tidak ada riwayat penyakit sebagai pencegahan terhadap masuknya penyakit. Untuk mengetahui detail IMMUNO FORTE klik di sini.
Immuno Forte

0 komentar:

Posting Komentar