Potensi Besar Peternakan Itik atau Bebek

Posted by Unknown On Senin, 13 Januari 2014 0 komentar
Bebek atau itik merupakan salah satu jenis hewan ternak asli Indonesia. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki jenis yang berbeda. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sekali jenis itik atau bebek di antaranya itik Mojosari, Bali, Tegal, Alabio, dan jenis-jenis yang lain. Masing-masing dari jenis itik atau bebek ini memiliki karakteristik yang khas, misalnya itik Mojosari yang mempunyai kemampuan bertelur yang baik digunakan sebagai bebek petelur. Sementara itik yang pertumbuhannya cepat biasanya digunakan sebagai itik pedaging.
 Dibandingkan dengan jenis unggas yang lain, itik memiliki banyak kelebihan. Dari sisi kemampuan adaptasi, itik atau bebek dapat dibilang merupakan unggas yang paling baik kemampuan adaptasinya. Dengan bentuk anatomi tubuh yang khas, bebek atau itik dapat hidup di tempat kering, lembab, basah, maupun berair tanpa ada masalah yang serius. Kemampuan daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit pada bebek atau itik sangat bagus. Jika dibandingkan dengan jenis unggas yang lain seperti ayam buras, puyuh, apalagi ayam ras (broiler, layer), itik atau bebek lebih tahan terhadap lingkungan yang kurang bersahabat. Produk hasil peternakan bebek atau itik juga memiliki harga yang lebih tinggi daripada produk dari peternakan unggas lain. Dapat Anda lihat berapa harga daging dan telur bebek atau itik dibandingkan ayam atau puyuh. Pastinya daging dan telur bebek lebih mahal. Selain itu, dari segi rasa dan khasiatnya, kebanyakan orang percaya daging dan telur bebek atau itik lebih baik.
Belum adanya pengelolaan manajemen itik atau bebek yang terintegrasi dan modern, membuat peternakan dari jenis itik atau bebek ini kurang berkembang dengan pesat. Kebanyakan masih bersifat terkantong-kantong di beberapa daerah tertentu. Bandingkan saja dengan peternakan ayam khususnya ayam ras (broiler dan layer), dapat Anda lihat perbedaan yang mencolok. Pada industri peternakan ayam ras, semua hal yang terkait dari hulu sampai hilir sudah ada pos-posnya masing-masing. Misalnya pakan, bibit, obat, suplemen di hulu sudah ada pabriknya sendiri. Di hilir seperti pengolahan pasca panen juga sudah ada bagiannya sendiri. Apalagi dengan banyaknya kemitraan, petumbuhan peternakan ayam ras dapat berkembang sangat cepat.
Masih bersifat terlokalisasinya peternakan itik atau bebek membuat sektor peternakan itik atau bebek kurang terlihat “keren” jika dibandingkan dengan peternakan ayam ras. Tapi, apakah itu berarti peternakan itik atau bebek tidak menjanjikan? Tidak!!! Bukannya tidak menjanjikan, hanya saja manajemennya yang kurang terintegrasi dan modern. Coba Anda lihat keunggulan dari ternak itik atau bebek ini.
potensi luar biasa peternakan itik atau bebek
Suplemen bebek atau itik
Dari sekian banyaknya manajemen yang harus dijalankan dengan baik, nutrisi merupakan salah satu faktor manajemen yang paling menyita anggaran biaya. Dalam peternakan unggas, sekitar 70% biaya yang dikeluarkan adalah untuk pakan/nutrisi. Tingginya harga pakan dan kebutuhan pakan yang banyak membuat peternak harus memperhatikan hal ini (tanpa meninggalkan hal-hal yang lain). Karena sedikit saja kesalahan perhitungan atau tidak maksimalnya penggunaan pakan akan membuat kerugian yang cukup besar. Hal ini karena jika kita berbicara tentang peternakan unggas, kita tidak bicara 1 atau 2 hewan saja, tetapi kita berhadapan dengan populasi hewan dalam jumlah yang cukup sangat banyak
Untuk itu, dibutuhkan nutrisi berkualitas dengan formulasi yang tepat, cepat diserap, dan optimal diedarkan ke seluruh jaringan tubuh untuk mendukung performa terbaiknya.  ROYAL POULTRY dengan teknologi CAnDS (Chelate Activated Nutrient Delivery System) akan membantu ternak Anda mendapatkan nutrisi sesuai yang dibutuhkan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari stres dan penyakit, IMMUNO FORTE solusinya.
Untuk lebih mengetahui detail produk kami, silakan klik link berikut ROYAL POULTRYIMMUNO FORTE
Royal Poultry - suplemen unggas
Royal Poultry – suplemen unggas
.
Immuno Forte - meningkatkan daya tahan tubuh unggas
Immuno Forte – meningkatkan daya tahan tubuh unggas
Untuk pembelian produk silakan klik link berikut CARA PEMBELIAN.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar