Nutrisi dan Sistem Imun (Nutrition and Immune System)

Posted by Unknown On Senin, 13 Januari 2014 0 komentar
Semua peternak pasti setuju bahwa mereka ingin ternaknya selalu dalam kondisi sehat. Semua peternak juga pasti tahu bahwa hasil atau produktivitas maksimal hanya akan didapat jika ternak mereka dalam keadaan sehat. Dan semua peternak pasti paham agar ternak mereka selalu sehat, ternak membutuhkan nutrisi yang berkualitas dalam jumlah yang cukup. Tetapi, belum semua peternak mengetahui apa saja nutrisi yang dibutuhkan dan apa fungsi dari masing-masing komponen nutrisi tersebut. Untuk alasan itulah, kami menulis artikel ini dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan peternak terkait nutrisi hubungannya dengan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.  
Vitamin
Vitamin yang dapat mendukung system imun (sistem kekebalan tubuh) di antaranya adalah vitamin A, C, D, E, B6, dan folat (folate). Vitamin C dan E bekerja sebagai antioksidan (antioxidant) yang melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Vitamin D sangat penting untuk fungsi sistem imun seperti pada sel T (T-cells) dan sel yang memproduksi antigen. Rendahnya vitamin B6 (pyridoxine) menyebabkan lemahnya system imun terutama pada dewasa.

Mineral
Mineral yang mendukung sistem imun (sistem kekebalan tubuh/immune system) di antaranya zinc (seng), selenium, iron (besi), dan copper (tembaga). Zinc dan selenium sangat dibutuhkan untuk fungsi sistem imun yang baik dan keduanya juga bekerja seperti antioksidan. Iron (besi) dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel T (T-cells) dan reactive oxygen species yaitu zat kimia yang dapat membunuh agen penyakit (pathogen). Copper (tembaga) berfungsi menjaga sistem imun sehingga kekurangan mineral ini dapat menyebabkan lemahnya sistem imun khususnya pada yang masih muda.

Prebiotik (prebiotic)
Banyak sekali manfaat prebiotik, salah satu manfaat utama prebiotik (prebiotic) adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan atau sistem imun pada unggas (ayam, bebek/itik, puyuh, dll) dan burung. Diketahui bahwa prebiotik dapat menjaga keseimbangan mikroflora saluran pencernaan. Salah satu jenis prebiotik, mannan oligosaccharide (MOS), merupakan zat yang dibutuhkan oleh bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan. MOS dapat menghambat kolonisasi bakteri Gram negatif terutama Salmonella dan E.colisehingga mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan unggas. MOS dapat mengikat mikotoksin (racun yang berasal dari jamur yang tumbuh pada pakan) secara irreversible sehingga mencegah terjadinya mikotoksikosis (mycotoxicosis). MOS dapat meningkatkan fungsi pertahanan lempeng Peyer/Peyer’s patch (lempeng Peyer merupakan kumpulan limfosit atau sel pertahanan pada usus) melalui proliferasi limfosit-T. MOS diketahui dapat meningkatkan panjang dan lebar vili usus serta menjaga integritas vili usus yang artinya dapat meningkatkan area penyerapan nutrisi sehingga penyerapan pakan lebih optimal (konversi pakan lebih baik). Selain MOS, jenis prebiotik lain yaitu Beta Glucansberfungsi meningkatkan imunitas dengan cara mengaktivasi makrofag dan natural killer (sel yang berperan dalam sistem kekebalan), mengaktivasi jalur komplemen alternatif (salah satu proses kekebalan dalam tubuh), menstimulasi retikulo-endotelial system (limfosit-T), serta meningkatkan produksi antibodi.

Asam organik (organic acid)
Asam organik (organic acid) memberikan efek positif terhadap ternak termasuk pada unggas (ayam, itik/bebek, puyuh, dll). Asam organik yang berasal dari hewan, tumbuhan, maupun mikroorganisme di alam dikatehui dapat mengontrol mikroorganisme yang berbahaya pada organ pencernaan dan pernapasan unggas. Terdapat kurang lebih 60 jenis asam organik misalnya asam propionate (propionic acid), asam fumarat (fumaric acid), asam sitrat (citric acid), dan sebagainya. Asam organik (organic acid) dapat menstimulasi fungsi kekebalan spesifik dan non spesifik pada saluran pencernaan. Selain itu, asam organik (organic acid) dapat memperbaiki komposisi mikroflora dalam saluran pencernaan sehingga dapat mencegah ancaman dari mikroorganisme patogen (penyebab penyakit). Asam organic (organic acid) menghambat pertumbuhan bakteri dengan cara mengganggu transportasi pada membrane sel sehingga dapat mencegah bakteri mencapai keseimbangan (menyesuaikan diri) dengan lingkungan. Fungsi lain dari asam organik (organic acid) adalah dapat menurunkan pH pada lambung dan usus sehingga bermanfaat dalam mencegah berkembangnya mikroorganisme merugikan (misalnya bakteri yang tidak tahan asam atau acid-intolerant bacteria). Rendahnya pH lambung juga bermanfaat dalam mempercepat konversi dari pepsinogen menjadi pepsin sehingga dapat meningkatkan laju penyerapan (absorpsi) protein dan mineral. Sebagai tambahan, asam organic (organic acid) dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada makanan. Dengan berbagai fungsi di atas, asam organik sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan juga performa ternak unggas Anda.

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) organik unggas yang mengandung komposisi kompleks untuk mengoptimalkan sistem kekebalan ternak Anda. Dari kandungan mineral, beberapa mineral seperti Cu, Mn, Fe, Zn,  dan Se dalam jumlah yang tepat sangat dibutuhkan dalam pembentukan dan proses kekebalan. Selain mineral, substrat lain yang sangat dibutuhkan dalam sistem kekebalan adalah prebiotik (beta glucans, mannan oligosaccharide/MOS, chitosan) yang akan meningkatkan respon kekebalan sistem imun ternak. Dikombinasikan dengan komponen lain seperti vitamin, antioksidan, asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides) dan plant sterols, akan membuat kinerja fungsional tubuh unggas (unggas pedaging: ayam broiler, ayam kampung super, itik peking, dll) optimal, termasuk sistem pertahanan.  Berikut penjelasan singkat mengenai komposisi ROYAL POULTRY click di sini.
Royal Poultry - suplemen unggas
Royal Poultry – suplemen unggas
IMMUNO-FORTE merupakan produk prebiotik (prebiotic). Imuno Forte merupakan kombinasi 3 komponen pertahanan (mannan oligosaccharides, beta glucans, dan chitosan) yang diperlukan unggas dan burung untuk meningkatkan respon imun (kekebalan), meningkatkan ketahanan terhadap beberapa agen patogen dan mikotoksin, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan. Immuno Forte cocok digunakan pada peternakan dengan riwayat kasus cukup tinggi maupun sebagai pencegahan terhadap masuknya penyakit. Dengan dukungan tenaga profesional, kami berkomitmen memberikan keamanan dan perlindungan bagi keberhasilan usaha ternak Anda. Detail produk IMMUNO FORTE click di sini.
Immuno Forte - meningkatkan daya tahan tubuh unggas
Immuno Forte – meningkatkan daya tahan tubuh unggas

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar