Ayam Kampung (2): Permasalahan Bisnis Ayam Kampung dan Solusi

Posted by Unknown On Minggu, 16 Desember 2012 3 komentar

Upaya untuk memenuhi permintaan daging ayam kampung terus dilakukan. Tetapi, upaya tersebut terkendala oleh beberapa masalah. Yang pertama, penyediaan bibit ayam kampung yang memiliki kecepatan tumbuh yang cepat sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal dalam waktu singkat. Seperti kita ketahui bahwa pertumbuhan ayam kampung sangat lambat jika dibandingkan dengan ayam broiler. Ayam kampung membutuhkan waktu kurang lebih 4-6 bulan untuk menghasilkan bobot badan 1 kg (tergantung pemeliharaannya). Hal ini berbeda jauh dengan ayam broiler yang bisa panen dalam waktu 35-40 hari, bahkan bisa kurang dengan berat badan yang cukup tinggi antara 1,5 – 2,5 kg (tergantung manajemen pemeliharaannya). Kondisi ini membuat perlunya perbaikan genetik ayam kampung agar dapat meningkatkan produktivitasnya. Untuk masalah yang pertama ini, sudah mulai dapat teratasi yaitu dengan adanya persilangan baru yang disebut ayam kampung super atau ayam jawa super yang dapat dipanen dalam waktu 45 – 60 hari. Ayam kampung super atau ayam jawa super merupakan hasil persilangan antara pejantan ayam kampung lokal atau pejantan dengan kualitas genetik yang bagus dengan betina (indukan) ayam ras yang memiliki sifat pertumbuhan yang cepat. Hasilnya, didapatkan anakan yang memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dengan ciri-ciri seperti warna bulu, bentuk tubuh, karakter, sifat, dan rasa daging seperti ayam kampung asli.



Masalah yang kedua, dan mungkin ini adalah masalah yang paling penting, yaitu pakan. Biaya produksi terbesar di bidang perunggasan adalah biaya pakan yang mencapai 60-80 persen. Tingginya biaya pakan tersebut, sering berdampak buruk pada usaha peternakan ayam pedaging, terutama saat harga bahan baku pakan naik. Ditambah lagi, genetik ayam kampung yang tidak sama dengan ayam broiler. Seperti kita ketahui bahwa ayam broiler telah direkayasa secara genetik selama berpuluh-puluh tahun untuk mendapatkan genetik ayam yang memiliki kemampuan tumbuh yang sangat cepat. Genetik ayam broiler diturunkan dari galur murni ayam-ayam yang ada di Eropa dan Amerika yang memang memiliki potensi genetik untuk tumbuh dengan sangat cepat. Sedangkan ayam kampung, tidak memiliki potensi genetik seperti itu. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan apa yang ada pada ayam kampung (ayam kampung super atau ayam jawa super) adalah dengan memaksimalkan manajemen dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada ayam kampung. Seperti kami sebutkan di atas, genetik ayam kampung yang berbeda dengan ayam broiler, memungkinkan sebagian pakan yang masuk atau diberikan tidak tercerna dengan sempurna. Oleh karena itu, perlu adanya bahan tambahan pakan atau suplemen (supplement) yang dapat digunakan untuk memberi tambahan nutrisi pada ayam kampung sekaligus memperbaiki pencernaan pakan dalam saluran pencernaan. Dengan begitu, ayam akan mendapatkan tambahan atau suplemen nutrisi untuk mencukupi kekurangan sekaligus memperbaiki pencernaan sehingga dapat meningkatkan produktivitas ayam kampung super atau ayam jawa super.

Untuk mendukung keberhasilan peternakan ayam kampung (ayam kampung super atau ayam jawa super), kami menawarkan produk unggulan suplemen ayam kampung (suplemen ayam kampung super atau suplemen ayam jawa super) yaitu Royal Poultry dan Immuno Forte. Produk kami ini merupakan suplemen organik yang mengandung nutrisi kompleks seperti vitamin, mineral, asam amino, enzim (enzym), asam organik (organic acid), prebiotik (prebiotic) mannan oligosaccharide, beta glucan, dan antioksidan (antioxidant). Suplemen kami menggunakan teknologi terbaru dalam dunia nutrisi yaitu mineral amino acid chelate sehingga memiliki tingkat penyerapan yang tinggi (80%). Dengan begitu, Anda tidak akan menyia-nyiakan biaya yang Anda keluarkan untuk suplemen ini. Untuk lebih lengkap mengenai spesifikasi produk kami, klik di sini Royal Poultry dan Immuno Forte.


   
Telah banyak testimoni dari para peternak ayam kampung maupun ayam kampung super atau ayam jawa super yang menggunakan produk kami. Keuntungan yang terlihat dari penggunaan produk kami di antaranya sangat baik untuk memacu pertumbuhan ayam kampung super atau ayam jawa super sehingga berat badan lebih cepat tercapai dan masa panen yang lebih cepat. Beberapa testimoni yang masuk menyebutkan ayam kampung super dapat mencapai berat badan 0,8 – 1 kg atau lebih dalam waktu kurang lebih 45 hari. Dengan pertambahan berat badan yang lebih cepat, masa panen menjadi maju, sehingga dapat menghemat pengeluaran pakan (bisa menghemat sampai 6 sak pakan). Selain itu, bau kotoran dapat dikurangi karena pencernaan yang lebih baik akan mengurangi kadar amonia yang dihasilkan. Selain itu, terlihat stamina ayam yang lebih prima dan enerjik. Silakan coba produk kami, kemudian perhatikan perbedaannya. Selamat mencoba!!!. Untuk pemesanan produk kami, lihat tata cara pembelian. Klik di sini.

3 komentar:

Fennycia Lim mengatakan...

blognya buat para pecinta ayam jago se indonesia
Sabung Ayam Online Siaran Langsung Live Streaming
Raih Jutaan Rupiah Bersama Kami...
Langsung Saja Kunjungi Kami bolavita1.com
Untuk Info, Bisa Hubungi :
Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita

Fennycia Lim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
novitaliang mengatakan...

Manfaat Kotoran Ayam Bangkok Yang Harus Kalian Ketahui Ternyata mempunyai berbagai manfaatnya. Apa-apa saja sih manfaat kotoran ayam bangkok ? Versi nya tajen online kali ini.
Info lengkap yuk kunjungi kontak Whatsapp & Telegram : 0812-2222-995.

Posting Komentar