PREBIOTIK/PREBIOTIC (1): PENDAHULUAN

Posted by Unknown On Sabtu, 11 Januari 2014 1 komentar
Prebiotik (prebiotic) dapat didefinisikan sebagai bahan yang tidak tercerna yang dapat merangsang secara selektif pertumbuhan dan atau aktifitas satu atau beberapa bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan sehingga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa contoh prebiotik (prebiotic) seperti inulin, oligosakarida (mannan oligosaccharide/MOS, fructo oligosaccharide/FOS, galacto oligosaccharide/GOS), dan serat.
Beberapa syarat bahan yang digunakan sebagai prebiotik (prebiotic) adalah:
  • tidak dihidrolisis dan diserap pada saluran pencernaan bagian atas,
  • merupakan zat yang selektif untuk satu atau beberapa bakteri menguntungkan,
  • dapat meningkatkan koloni mikroorganisme yang menguntungkan untuk mencapai komposisi yang sehat.
Keuntungan
  • Pemberian prebiotik lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan pemberian suplemen lain misalnya probiotik karena prebiotik secara selektif meningkatkan populasi dan aktivitas bakteri baik tertentu yang memang telah menjadi penghuni alami saluran pencernaan misalnyaLactobacillus sp, Bifidobacterium sp, dan sebagainya.
  • Prebiotik dapat menghambat kolonisasi (perlekatan) bakteri merugikan pada saluran pencernaan karena beberapa prebiotik dapat mengikat bakteri merugikan kemdian mengeluarkannya dari saluran pencernaan.
  • Dari fermentasi prebiotik dihasilkan beberapa zat yang memiliki kemampuan untuk membunuh (bakteriosida) atau menghambat pertumbuhan (bakteriostatik) mikroorganisme merugikan misalnya asam laktat dan dapat menurunkan pH sehingga menciptakan lingkungan yang tidak cocok untuk bakteri merugikan (patogen).
  • Fermentasi prebiotik dalam saluran pencernaan menghasilkan zat-zat yang dapat memanjangkan vili usus misalnya butirat (butyrate) sehingga dengan vili usus yang semakin panjang penyerapan nutrisi semakin baik. Selain itu, butirat (butyrate) juga berfungsi meningkatkan proliferasi (pembelahan) sel usus sehingga dapat menjaga kesehatan dan keutuhan integritas atau keutuhan saluran pencernaan.
  • Prebiotik dapat merangsang sistem imun (kekebalan) tubuh ayam dengan menstimulasi gut-associated lymphoid tissue (GALT).
  • Mengurangi produksi amonia
  • Prebiotik lebih tahan terhadap keadaan lingkungan. Misalnya MOS, walaupun dipanaskan pada suhu tinggi (120oC selama 20 menit) tidak akan mempengaruhi kemampuannya.
Hal-hal di atas akan kami jelaskan pada artikel kami yang lain. Selamat membaca!
Immuno Forte
IMMUNO FORTE merupakan konsentrat Mannan Oligosaccharide (MOS) dan beta glucans yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan respon imun (kekebalan). IMMUNO FORTE merupakan konsentrat Mannan Oligosaccharide (MOS) danbeta glucans yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan respon imun (kekebalan).
  • Meningkatkan imunitas/kekebalan
  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan menjaga keseimbangan mikroflora saluran pencernaan dan menekan pertumbuhan bakteripathogen/merugikan.
  • Menjaga integritas vili usus dan meningkatkan area penyerapan nutrisi sehingga konversi pakan lebih baik.
  • Mengikat mikotoksin pada pakan
Suplemen unggas ini sangat bagus digunakan pada semua jenis unggas seperti broiler, layer/petelur, ayam kampung, itik/bebek, puyuh, dan jenis-jenis ternak unggas yang lain. Anda ingin pesan/order produk kami, klik di sini: Cara pembelian produk

1 komentar:

Randi Bouty mengatakan...

Prebotik memang penting untuk tubuh. Untuk itu selalu sediakan prebiotik di rumah.
Vitamin Australia

Posting Komentar