PREBIOTIK (2): SOLUSI TEPAT OPTIMALISASI PENYERAPAN NUTRISI PADA UNGGAS

Posted by Unknown On Sabtu, 11 Januari 2014 0 komentar
Pernahkan peternakan broiler Anda kurang meberikan hasil yang maksimal? Pernahkah peternakan broiler Anda tidak mencapai berat badan standar? Pernahkah feed conversion rate (FCR) peternakan broiler Anda sangat tinggi? Sudahkah Anda menemukan jawabannya? “Penyerapan (absorpsi) nutrisi yang tidak optimal”. Itulah salah satu jawaban yang mungkin terjadi.
Berat badan yang tidak mencapai standar, FCR yang tinggi, paling banyak digunakan sebagai parameter atau ukuran dalam peternakan unggas pedaging khususnya broiler, karena dari sekian banyak unggas pedaging (broiler, ayam kampung super, itik, puyuh, dsb), peternakan broiler merupakan peternakan unggas pedaging dengan record (catatan/data) yang paling lengkap sehingga mudah dievaluasi dan dikontrol.
Berat badan menjadi salah satu indikator keberhasilan seorang peternak broiler (baca artikel kami tentang: Indikator keberhasilan peternakan broiler). Peternak dituntut untuk menghasilkan broiler dengan berat badan sesuai dengan standar yang telah ditentukan selama satu periode pemeliharaan. Jika ayam memiliki pertumbuhan lebih baik maka Anda akan mendapat keuntungan yang lebih banyak. Feed Conversion Ratio(FCR) adalah jumlah pakan yang diberikan untuk menghasilkan satu kilogram berat hidup broiler. Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa semakin kecil FCR semakin baik. Feed Conversion Ratio mengindikasikan penyerapan yang lebih baik dan konversi pakan menjadi daging yang lebih optimal. Hal ini sangat berkaitan dengan perhitungan ekonomi. Jumlah pakan yang lebih banyak tentunya akan mengurangi keuntungan yang didapatkan. Seperti diketahui pula bahwa pakan menyerap 60 – 70% biaya pemeliharaan broiler. Oleh karena itu, sedikit saja perubahan pada FCR dapat mempengaruhi tingkat keuntungan yang didapatkan.
Pada artikel kami yang sebelumnya Prebiotik/Prebiotic (1): Pendahuluan telah kami sebutkan bahwa salah satu keuntungan penggunaan prebiotik adalah dapat meningkatkan penyerapan (absorpsi) nutrisi di saluran pencernaan. Kesehatan saluran pencernaan sangat berpengaruh terhadap performa pertumbuhan unggas. Kesehatan saluran pencernaan mempengaruhi pencernaan pakan, penyerapan nutrisi, serta penggunan protein dan energi. Kesehatan saluran pencernaan dan nutrisi saling berkaitan satu sama lain. Pemanfaatan nutrisi pakan hanya dapat dicapai secara optimal jika saluran pencernaan dalam keadaan sehat.
Beberapa kriteria kami saluran pencernaan unggas yang sehat yaitu vili usus yang panjang dan keutuhan (integritas) saluran pencernaan.
Apa itu vili usus?
Secara ilmiah dapat dikatakan bahwa vili (villous/villi) adalah tonjolan permanen lamina propria mukosa mirip jari yang terjulur ke dalam lumenusus. Vili usus merupakan bentukan seperti jari-jari di seluruh bagian usus yang berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan (nutrisi) yang menjulur dari dasar usus ke arah lumen (rongga) usus di mana makanan dicerna dan diserap dari sana. Menjadi sebuah ketentuan bahwa vili yang semakin panjang dan/atau lebar akan meningkatkan area penyerapan nutrisi pada usus sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal.
Gambar. Vili usus yang berfungsi untuk menyerap nutrisi
Apa yang dimaksud integritas (keutuhan) saluran pencernaan?
Yang dimaksud dengan integritas (keutuhan) saluran pencernaan adalah keutuhan semua komponen saluran pencernaan khususnya yang berhubungan dengan penyerapan nutrisi. Beberapa hal yang penting dalam integritas ini adalah keutuhan vili serta terhindarnya atau meminimalkan kejadian radang/infeksi pada saluran pencernaan. Hal ini penting mengingat vili adalah bagian yang bertugas menyerap nutrisi dari saluran pencernaan. Jika vili rusak, maka penyerapan nutrisi menjadi tidak maksimal. Akibatnya, beberapa hal yang tidak Anda inginkan dapat terjadi misalnya berat badan tidak tercapai, feed conversion ratio (FCR) tidak masuk, dan sebagainya. Begitu pula dengan terjadinya radang atau infeksi pada saluran pencernaan juga berakibat pada tidak maksimalnya penyerapan nutrisi. Beberapa hal yang dapat merusak integrasi ini misalnya adanya infeksi bakteri patogen (merugikan) misalnya Salmonella sp, Clostridium sp, dan bakteri-bakteri merugikan yang lain yang dapat menyebabkan rusaknya vili  dan menyebabkan terjadinya radang pada usus. Selain itu, adanya racun (toksin/toxin), atau bahan pakan yang keras juga dapat menyebabkan ganggua ini.
Lalu, apa fungsi prebiotik dalam hal ini?
Mannan oligocasaccharide (MOS) merupakan salah satu prebiotik yang memiliki kinerja paling baik. Fermentasi mannan oligosaccharide (MOS) menghasilkan produk utama yaitu asam lemak rantai pendek (short chain fatty acid/SCFA). Dalam hal ini, butirat memegang peranan penting dalam perkembangan epitel usus. Butirat mempengaruhi pertumbuhan dan diferensiasi sel epitel dan meningkatkan indeks proliferasi pada kripta usus. Butirat lebih berfungsi sebagai sumber energi bagi kolonosit dan terlibat dalam mengontrol regulasi apoptosis dan proliferasi serta diferensiasi sel. Kurang lebih 70 – 90% butirat dimetabolisme oleh kolonosit dan merupakan sumber energi utama enterosit (sel-sel usus). Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa butirat dapat meningkatkan proliferasi sel di kolon atau usus kecil sehingga memberikan keuntungan menyembuhkan dari operasi usus, trauma, infeksi, atau kasus radang yang lain. Asam lemak rantai pendek juga merupakan sumber energi penting untuk dinding usus yang menyediakan sampai 50% kebutuhan energi harian kolonosit.
Perlu Anda ketahui bahwa untuk memperbaiki sel-sel, vili, dan usus yang rusak ini diperlukan nutrisi dan energi yang tidak sedikit. Pergantian sel yang tinggi pada epitel usus kecil ayam disertai laju metabolisme yang sangat tinggi yang membutuhkan23 – 36% dari keseluruhan pengeluaran enegi tubuh. Selain itu, kebutuhan asam amino akan meningkat untuk memperbaiki jaringan yang rusak.
Pentingnya prebiotik (prebiotic) inilah yang menginspirasi kami untuk memproduksi suplemen unggas yang mengandung prebiotik (prebiotic) di dalamnya. Untuk itu, kami menawarkan solusi untuk keberhasilan peternakan Anda melalui produk kami yaitu: Royal Poultry dan Immuno Forte. Suplemen unggas ini sangat bagus digunakan pada semua jenis unggas seperti broiler, layer/petelur, ayam kampung, itik/bebek, puyuh, dan jenis-jenis ternak unggas yang lain.
  
Royal Poultry                         Immuno Forte
Untuk lebih mengetahui detail produk kami silakan klik link berikut: ROYAL POULTRYIMMUNO FORTE
Untuk pemesanan produk silakan klik link berikut: Cara pembelian produk


0 komentar:

Posting Komentar