ROYAL POULTRY - Suplemen Ternak Unggas Pilihan Peternak

Posted by Unknown On Senin, 13 Januari 2014 0 komentar
Royal Poultry - suplemen unggas no. 1
Royal Poultry – suplemen unggas no. 1
Manfaat Royal Poultry:
  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.
ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Royal Poultry - suplemen unggas

1. Mineral
Mineral berfungsi dalam:
  • Pembentukan tulang dan sendi (Bone and joint formation): Ca, P, Mg, B
  • Sistem reproduksi (Reproduction system): P, K, Mg, Cu, Mn, Zn
  • Sistem Imun/pertahanan (Immune system): Cu, Mn, Fe, Zn, Se
  • Fungsi hormone dan enzim (Hormon and enzym function): K, Mg, Cu, Mn, Fe, Zn
  • Pembentukan darah (Blood production): Fe, Cu
  • Produksi energy (Energy production): P, Mg, Mn
Ca= kalsium; P= fosfor; Mg= magnesium; B= boron; K= kalium; Cu= tembaga; Mn= mangan; Zn= seng; Fe= besi; Se= selenium.

2. Vitamin dan Antioksidan (antioxidant)
Fungsi vitamin dan antioksidan secara umum:
  • B1 (Thiamine): berfungsi memelihara sistem syaraf bersama Mg, Fe, nicotinamide, pyridoxine, folacin, cobalamin, tyrosine, tryptophan, dan antioksidan.
  • B3 (Nicotinamide), B6 (Pyridoxine), B9 (Folacin), B12 (Cobalamin): merupakan grup vitamin B yang mempunyai fungsi khusus dalam metabolisme protein sehingga sangat penting dalam pembentukan massa otot/daging dan pembentukan telur pada unggas.
  • B7 (Biotin): berfungsi memelihara kesehatan bulu, rambut, kulit, dan kuku bersama Cu.
  • Antioksidan yang terdiri dari vitamin A, C, E, Super Oxide Dismutase (SOD), katalase, Glutathione, Asam lipoat (Lipoic Acid): berfungsi menangkap radikal bebas sehingga unggas menjadi lebih sehat, tidak mudah sakit, dan menunjukkan performa yang baik. Antioksidan juga dapat meningkatkan potensi imunitas bersama Cu, Mn, Fe, Zn, dan Se.
3. Plant Based Enzymes: berfungsi untuk membantu pencernaan dan melepaskan nutrisi yang terjebak dalam komponen pakan.
4. Asam organik (Organic Acids)
Asam organik (organic acid) memberikan efek positif terhadap ternak termasuk pada unggas (ayam, itik/bebek, puyuh, dll). Asam organik yang berasal dari hewan, tumbuhan, maupun mikroorganisme di alam dikatehui dapat mengontrol mikroorganisme yang berbahaya pada organ pencernaan dan pernapasan unggas. Terdapat kurang lebih 60 jenis asam organik misalnya asam propionate (propionic acid), asam fumarat (fumaric acid), asam sitrat (citric acid), dan sebagainya. Asam organik (organic acid) dapat menstimulasi fungsi kekebalan spesifik dan non spesifik pada saluran pencernaan. Selain itu, asam organik (organic acid) dapat memperbaiki komposisi mikroflora dalam saluran pencernaan sehingga dapat mencegah ancaman dari mikroorganisme patogen (penyebab penyakit). Asam organic (organic acid) menghambat pertumbuhan bakteri dengan cara mengganggu transportasi pada membrane sel sehingga dapat mencegah bakteri mencapai keseimbangan (menyesuaikan diri) dengan lingkungan. Fungsi lain dari asam organik (organic acid) adalah dapat menurunkan pH pada lambung dan usus sehingga bermanfaat dalam mencegah berkembangnya mikroorganisme merugikan (misalnya bakteri yang tidak tahan asam atau acid-intolerant bacteria). Rendahnya pH lambung juga bermanfaat dalam mempercepat konversi dari pepsinogen menjadi pepsin sehingga dapat meningkatkan laju penyerapan (absorpsi) protein dan mineral. Sebagai tambahan, asam organic (organic acid) dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada makanan. Dengan berbagai fungsi di atas, asam organik sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan juga performa ternak unggas Anda.
5. Nukleotida (Nucleotides) dan Plant Sterols: berfungsi untuk meningkatkan morfologi saluran pencernaan dan mempercepat regenerasi vili usus.
6. Prebiotik (prebiotic): Mannan oligosaccharide (MOS), Beta Glucans, Chitosan
Banyak sekali manfaat prebiotik, salah satu manfaat utama prebiotik (prebiotic) adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan atau sistem imun pada unggas (ayam, bebek/itik, puyuh, dll) dan burung. Diketahui bahwa prebiotik dapat menjaga keseimbangan mikroflora saluran pencernaan. Salah satu jenis prebiotik, mannan oligosaccharide (MOS), merupakan zat yang dibutuhkan oleh bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan. MOS dapat menghambat kolonisasi bakteri Gram negatif terutama Salmonella dan E.colisehingga mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan unggas. MOS dapat mengikat mikotoksin (racun yang berasal dari jamur yang tumbuh pada pakan) secara irreversible sehingga mencegah terjadinya mikotoksikosis (mycotoxicosis). MOS dapat meningkatkan fungsi pertahanan lempeng Peyer/Peyer’s patch (lempeng Peyer merupakan kumpulan limfosit atau sel pertahanan pada usus) melalui proliferasi limfosit-T. MOS diketahui dapat meningkatkan panjang dan lebar vili usus serta menjaga integritas vili usus yang artinya dapat meningkatkan area penyerapan nutrisi sehingga penyerapan pakan lebih optimal (konversi pakan lebih baik). Selain MOS, jenis prebiotik lain yaitu Beta Glucansberfungsi meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh) dengan cara mengaktivasi makrofag dan natural killer (sel yang berperan dalam sistem kekebalan), mengaktivasi jalur komplemen alternatif (salah satu proses kekebalan dalam tubuh), menstimulasi retikulo-endotelial system (limfosit-T), serta meningkatkan produksi antibodi.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar