Manajemen Pemeliharaan Ayam Broiler (Bagian 3): Periode Starter

Posted by Unknown On Senin, 13 Januari 2014 0 komentar
A. PAKAN DAN AIR MINUM
Pemberian pakan starter dilakukan sampai dengan umur 21 hari. Pemberian pakan pada periode starter menggunakan pakan dengan kandungan protein 21%. Kandungan protein tinggi ditujukan untuk memacu pertumbuhan ayam yang optimal pada periode awal. Pemberian pakan dilakukan secara bertahap (sedikit demi sedikit) pada umur awal (1 minggu).
Selama 3 hari pertama anak ayam harus dipaksa untuk aktif makan dan minum. Bisa dibantu dengan cara mengetuk chick guard secara perlahan-lahan atau pakan diberikan sesering mungkin. Selain itu, kandang harus terang agar lebih giat makan dan minum.
Pakan yang tersisa dikumpulkan dan diayak untuk diberikan kembali pada anak ayam, tetapi jangan dicampur dengan pakan baru.  Pengayakan berfungsi untuk memisahkan pakan dari kotoran.
Tempat pakan harus selalu bersih dan kering sebelum pakan baru diberikan.
Di bawah pemanas sebaiknya jangan diberi tempat pakan/ feeder tray karena panas akan merusak nutrisi yang ada dalam pakan.
Tinggi tempat pakan setinggi tembolok yang diukur dari bibir atas tabung. Prinsip pemberian pakan adalah full feed (pakan selalu tersedia setiap saat), tetapi perlu diingat bahwa ayam lebih suka makan pada suhu optimum sesuai dengan naluri ayam yaitu pagi hari (jam 05.00 – 08.00) dan sore hari(jam 17.00-20.00). Jadi pada jam-jam tersebut harus lebih diperhatikan ketersediaan pakannya.
Pada umur 8 hari tempat pakan gantung mulai diperkenalkan. Diharapkan pada umur 10 hari ayam sudah mengenal tempat pakan gantung, dan paling lambat umur 12 hari semua tempat pakan harus sudah digantung.
Selepas masa brooding, pakan diberikan minimal 2 kali sehari dengan tempat pakan diatur setinggi tembolok ayam.
Mulai umur 2 hari tempat minum harus digantung, dan setiap hari tingginya disesuaikan setinggi punggung ayam.
Jika menggunakan tempat minum otomatis (bell drinker), perhatikan level air sebagai berikut:
  • Umur kurang dari 10 hari, permukaan air 0.6 cm di bawah bibir drinker (supaya terjangkau dan mudah diminum ayam kecil)
  • Umur lebih dari 10 hari, permukaan air 0.6 cm dari dasar drinker (supaya tidak mudah tumpah dan tetap terjangkau ayam besar)
  • Piringan tempat minum dibersihkan setiap pagi dan sore, sisa air dibuang.
Jika menggunakan nipple drinker perlu diperhatikan beberapa hal berikut:
  • Ketinggian nipple disesuaikan sehingga ayam dapat minum dengan mendongakan kepalanya 45ยบ terhadap nipple.
Air minum harus selalu tersedia dalam jumlah yang cukup, bersih, segar, layak minum, dan dapat juga diklorinasi (3 ppm). Klorinasi bertujuan untuk mencegah pencemaran dan penularan bibit penyakit.
Pada temperatur normal, konsumsi air minum ayam adalah 1,6-1,8 kali (dapat juga 2 kali) dari konsumsi pakan. Faktor ini sebaiknya digunakan sebagai pedoman, sehingga penyimpangan konsumsi yang berkaitan dengan kualitas pakan, temperature dan kesehatan ayam dapat segera diketahui.
Beberapa suplemen, vitamin, antibiotik, dan vaksin dapat juga diberikan bersama dengan air minum.
Tabel. Contoh standar DOC
Jenis DOC
Feed Intake
(Minggu I)
Body Weight
(Minggu I)
Deplesi
Platinum
Gold
Silver
160
150
140
> 170 gr
> 160 gr
> 150 gr
0.5%
0.7%
1.5%
B. PELEBARAN SEKAT
Mulai umur 3 hari dilakukan pelebaran sekat secara bertahap mengikuti kondisi ayam. Pelebaran harus diikuti dengan penambahan serta pengaturan tempat pakan/minum. Posisi pemanas diatur sedemikian rupa agar penyebaran panas bisa merata.
Sebagai acuan, pelebaran chick guard dapat diatur sebagai berikut:
Umur (hari)
Ekor/m2
160 – 65
340 – 45
625 – 30
820 – 25
1015 – 20
1410 – 15
188 – 10
> 188 (full house)
 NB: Pelebaran di atas merupakan acuan standart,  pada prakteknya harus disesuaikan dengan kondisi ayam.
Pelebaran sekat kandang ayam broiler

Gamar. Contoh alternatif pelebaran sekat pada kandang ayam broiler


C. PEMANAS DAN LITTER
Sebaiknya di setiap brooder disediakan termometer untuk memantau suhu ruang, akan tetapi pengamatan terhadap kondisi kenyamanan ayam yang paling tepat adalah dengan melihat perilaku ayam itu sendiri (bahasa ayam).
Pemanas dinyalakan setidaknya sampai umur 14 hari. Jika kondisi dingin, bisa diperpanjang. Apabila ayam kepanasan, pemanas dapat dimatikan dengan tetap memperhatikan kondisi dan penyebaran ayam dalam chick guard.
Litter yang digunakan harus kering dan sudah didesinfeksi sebelumnya. Formalin dapat digunakan untuk desinfeksi litter (misal: sekam) (5 liter formalin 40% dalam 95 liter air).
Untuk kandang panggung
Penggantian litter disarankan dilakukan pada umur 8-10 hari. Pembukaan cover slat atau tirai alas dapat dimulai pada umur 18 hari untuk daerah panas dan 21 hari untuk daerah dingin.
Dengan tetap mempertimbangkan kondisi litter, pembukaan cover slat dapat ditunda jika cuaca benar-benar sangat dingin.
Pembukaan cover slat dilakukan secara bertahap mulai dari 25%, 50%, 75%, hingga terbuka semua. Saat pembukaan cover slat, tirai samping bawah (sarung) harus sudah terpasang.
Pembukaan tirai alas (cover slat)
Untuk kandang postal dan double deck
Ketebalan litter minimal 3-5 cm, penggantian litter mengikuti jadwal sbb:
Umur (hari)
8-1016-1721-25
28-dst
Penggantian litter
Ganti 100%Ganti yang menggumpalGanti 100%
Tabur
Setelah umur 25 hari litter cukup ditabur dan diambil yang menggumpal saja. Penggantian litter dilakukan secara perlahan-lahan, dengan tahapan sbb:
Penggantian litter
Setelah pengerukan dan penggantian liter selesai, posisi ayam dapat digeser ke arah liter baru dan lakukan penggantian pada sisi berikutnya.

D. VENTILASI
Masa brooding
Urutan pembukaan tirai apabila temperatur brooder terlalu panas adalah sbb:
Buka tirai plafon –> Buka tirai dalam mulai dari atas ke bawah –> Bila masih terlalu panas bisa ditambah bukaan pada tirai luar pada sisi yang berlawanan dengan arah angin, juga dari atas ke bawah –> Bila suhu mulai dingin, urutan penutupan tirai dilakukan sebaliknya.
Selepas masa brooding
Pembukaan tirai samping harus dimulai dari atas ke bawah dengan pengaturan sbb:
Buka terlebih dahulu tirai yang berlawanan dengan arah angin. Pembukaan dilakukan secara bertahap mengikuti kondisi ayam. Jika pembukaan tirai samping dirasa belum cukup, bisa dilanjutkan pembukaan tirai samping bawah atau sarung (buka dulu tirai yang berlawanan dengan arah angin, dibuka dari bawah ke atas).

E. PENCAHAYAAN
Sebagai patokan praktis, untuk setiap chick guard minimal diberi 10 watt SL/TL atau 60 watt lampu pijar dengan ketinggian 170 cm, selanjutnya ditambah sesuai kebutuhan.
Jika siang hari cuaca gelap, lampu harus dinyalakan agar feed intake dan water intake tidak terganggu.
Mulai umur 4 hari, pada malam hari perlu dibuat suasana gelap 1-2 jam untuk produksi hormon pertumbuhan (melatonin) dan sebagai antisipasi jika suatu saat terjadi lampu padam tiba-tiba, ayam tidak mati menumpuk.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar