Wabah (Outbreak) Unggas di Penghujung Tahun 2012

Posted by Unknown On Senin, 13 Januari 2014 0 komentar
Royal Poultry, Immuno Forte, suplemen, supplement, suplemen unggas, poultry supplement, suplemen ayam, broiler, layer, petelur, ayam kampung, bebek, itik, puyuh, suplemen alami, suplemen organik, penyakit, outbreak, wabah penyakit, AI, Avian Influenza, ND, Newcastle Disease, pemusnahan
Akhir tahun 2012 ini kalangan peternak unggas menghadapi kekhawatiran yang cukup mencekam. Bagaimana tidak, ratusan ribu unggas (baik itu ayam maupun itik/bebek) mati mendadak. Kejadian ini pun terjadi di beberapa daerah seperti Jawa tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, dan berbagai daerah lain di luar Pulau Jawa.  Beberapa ahli menyebutkan bahwa beberapa dari kejadian ini disebabkan oleh virus Avian Influenza (Flu Burung) atau yang dikenal dengan virus AI. Memang salah satu dari ciri-ciri penyakit akibat virus ini dalah kecepatan penyebaran dan tingkat kematiannya yang tinggi. Apalagi ditemukan virus Flu Burung jenis baru yang ditemukan bersamaan dengan munculnya kejadian wabah (outbreak) ini yang menjadikan virus ini sebagai kambing hitam kejadian ini.  Ciri yang hampir sama juga ditemukan pada penyakit yang disebabkan oleh virus Newcastle Disease atau yang dikenal dengan virus ND.
Peternak tentu saja dirugikan akibat wabah ini. Kematian ternak unggas yang begitu banyak tentu saja sangat merugikan dari sisi ekonomi. Ditambah lagi, adanya upaya pencegahan berupa pemusnahan hal-hal yang berkaitan dengan penyakit ini seperti kandang dan peralatannya bahkan ayam yang masih hidup juga ikut dimusnahkan yang semakin menambah penderitaan peternak unggas. Harapan dari peternakan unggas yang dikelola para peternak menjadi sirna dan yang timbul adalah kekecewaan. Mengingat bagi para peternak unggas, unggas adalah sumber mata pencaharian mereka khususnya yang menjadikan ternak unggas sebagai mata pencaharian utama, kejadian ini sangat mengejutkan sekaligus mengecewakan.
Untuk mencegah kejadian serupa, harus diupayakan pembekalan/penyuluhan bagi para peternak unggas khususnya bagaimana mencegah masuknya penyakit ke suatu peternakan. Beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai pencegahan di antaranya biosekuritas (biosecurity) yang baik dan pemberian suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas).
Biosekuritas atau biosecurity merupakan beberapa prosedur atau usaha yang dilakukan untuk dapat mencegah kontak antara ayam dalam peternakan dengan agen atau sumber penyakit sehingga dapat menekan resiko dan konsekuensi penularan penyakit. Dengan demikian, biosekuritas (biosecurity) dapat dikatakan sebagai pertahanan terdepan pada suatu peternakan. Biosekuritas (biosecurity) meliputi 4 aspek yaitu isolasi, kontrol lalu lintas, sanitasi, dan kontrol hama. Untuk lebih jelas pembahasan mengenai biosekuritas (biosecurity) silakan baca artikel kami tentang biosekuritas (biosecurity) klik di sini.
Selain biosekuritas, hal penting lain yang perlu dilakukan peterk unggas untuk mencegah masuknya penyakit adalah dengan pemberian suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas unggas sehingga tubuh unggas lebih kuat dalam menolak penyakit.  Beberapa nutrisi penting yang berkaitan dengan sistem pertahanan tubuh di antaranya mineral seperti Cu, Mn, Fe, Zn,  dan Se. Selain mineral, substrat lain yang sangat dibutuhkan dalam sistem kekebalan adalah beta glucans dan mannan oligosaccharide (MOS) yang biasanya digolongkan sebagai prebiotik (prebiotic).
Untuk itu, kami memformulasikan suplemen khusus unggas (ayam, broiler, layer/petelur, ayam kampung, itik/bebek, puyuh, dll) yang dapat meningkatkan imunitas unggas yaitu ROYAL POULTRY dan IMMUNO FORTE. Untuk mengetahui detail produk kami klik di sini ROYAL POULTRY,IMMUNO FORTE.
ROYAL POULTRY berisi zat-zat yang dibutuhkan ternak Anda untuk mengoptimalkan sistem kekebalan ternak Anda. Dari kandungan mineral, beberapa mineral seperti Cu, Mn, Fe, Zn,  dan Se dalam jumlah yang tepat sangat dibutuhkan dalam pembentukan dan proses kekebalan. Selain mineral, substrat lain yang sangat dibutuhkan dalam sistem kekebalan adalah beta glucans dan mannan oligosaccharide (MOS). Dua zat ini merupakan pengembangan teknologi terbaru di dunia perunggasan. Untuk itu, kami menambahkan kedua zat ini untuk menjamin kesehatan ternak Anda.
Royal Poultry
MOS berfungsi untuk menjaga keseimbangan mikroflora saluran pencernaan. MOS merupakan prebiotik (zat yang dibutuhkan oleh bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan). MOS dapat menghambat kolonisasi bakteri gram negatif terutama Salmonella dan E.coli sehingga mencegah terjadinya infeksi pada ternak. MOS dapat mengikat mikotoksin (racun yang berasal dari pakan) secara irreversible sehingga mencegah multiple mycotoxicosis. MOS dapat meningkatkan fungsi pertahanan lempeng Peyer/Peyer’s patch (lempeng Peyer merupakan kumpulan limfosit atau sel pertahanan pada usus) melalui proliferasi limfosit-T. Beta Glucans berfungsi meningkatkan imunitas non-spesifik melalui dengan cara mengaktivasi makrofag dan natural killer (sel yang berperan dalam sistem kekebalan), mengaktivasi jalur komplemen alternatif (salah satu proses kekebalan dalam tubuh), menstimulasi retikulo-endotelial system (limfosit-T), serta meningkatkan produksi antibodi.
IMMUNO-FORTE merupakan produk komplementer (pendukung) ROYAL POULTRYIMMUNO-FORTE mengandung konsentrat mannan oligosaccharide (MOS) dan beta glucans dalam konsentrasi tinggi. IMMUNO-FORTE cocok digunakan untuk peternakan dengan riwayat kasus cukup tinggi. IMMUNO-FORTE juga dapat digunakan pada peternakan dengan riwayat penyakit yang rendah atau tidak ada riwayat penyakit sebagai pencegahan terhadap masuknya penyakit.
Immuno Forte

Dengan kekebalan yang tinggi akan lebih tahan ketika terserang penyakit terlebih lagi jika terjadi wabah/outbreak. Ketika terserang penyakit pununggas akan lebih cepat sembuh jika kekebalan tubuh maksimal. Dari segi lain, kekebalan tubuh yang maksimal akan memberikan waktu yang lebih banyak kepada Anda untuk melakukan berbagai upaya untuk mengembalikan kesehatan broiler Anda (jika terkena penyakit atau dalam masa kesembuhan). Karena, ketika kondisi kekebalan tubuh ternak unggas Anda buruk, Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk melakukan tindakan yang diperlukan (misalnya mengobati ayam sakit). Hal paling buruk yang dapat terjadi (–semoga tidak terjadi–) adalah terjadi kematian sebelum Anda mengobati atau bahkan sebelum Anda tahu ternak unggas Anda terkena penyakit.

Oleh karena itu, berikan ROYAL POULTRY  dan IMMUNO FORTE sekarang, agar ketika terjadi wabah/outbreak kematian bukanlah satu-satunya pilihan untuk ternak unggas Anda.

Untuk pembelian produk, silakan baca petunjuknya di Cara Pembelian (klik di sini).

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar